Antisipasi Arus Mudik Lebaran Pengelola Tol Tangerang-Merak Tingkatkan Pelayanan

By Admin

nusakini.com-- Menjelang Lebaran 2016, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola Jalan Tol Tangerang-Merak melakukan peningkatan fasilitas dan layanan. Dengan adanya peningkatan tersebut diharapkan dapat memberikan kelancaran, keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna jalan saat arus mudik dan balik. 

Beberapa peningkatan yang dilakukan PT MMS antara lain, melakukan penambahan sembilan gardu transaksi yang terpasang di gerbang tol Cikupa, Balaraja Timur, Cilegon Barat, dan Merah. Sehingga total gardu di sembilan gerbang tol ruas Tangerang-Merak menjadi 88 dan 10 diantaranya merupakan Gardu Transaksi Otomatis (GTO). 

Direktur Teknik dan Operasi MMS, Sunarto Sastrowiyoto, Kamis (30/6) mengatakan selain itu, agar lalu lintas tol lebih terjamin MMS juga menambah jumlah petugas gerbang tol sehingga total menjadi 377 orang. 

Untuk melengkapi layanan lalu lintas, MMS menambah jumlah armada kendaraan derek yang semula 10 unit menjadi 14 unit. Kemudian penambahan tiga unit kendaraan Patroli Jalan Raya (PJR) sehingga total menjadi enam unit, termasuk penambahan 15 orang petugas PJR sehingga total menjadi 37 orang. 

Kemudian untuk meningkatkan layanan informasi dan perambuan, MMS menyediakan 10 unit Variable Mesasage Sign (VMS) atau papan display elektronik yang berisi himbauan keselamatan dan informasi terkini lalu lintas Tol Tangerang-Merak. 

Selanjutnya penambahan 20 unit warning light sehingga total menjadi 65 unit dan penambahan Penerangan Jalan Umum (PJU) di 50 titik antara KM 35+500 sampai dengan KM 36+500 sehingga menjadi 1.666 unit. Kamera pantau atau CCTV juga ditambahkan 12 unit sehingga total menjadi 37 unit yang selalu standby selama 24 jam untuk memonitor kondisi lalu lintas di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak. 

Sunarto menambahkan, sebagai upaya untuk memastikan kondisi jalan selalu dalam kondisi baik, selama lebaran, piket pemeliharaan jalan yang terdiri dari dua tim patching siaga 24 jam dan dua tim survei jalan beroperasi setiap hari serta tim khusus yang siap on call bertugas monitor jalan Tol Tangerang-Merak. 

Pengguna jalan tol pun dapat memanfaatkan berbagai fasilitas yang telah tersedia di empat rest area di sepanjang ruas tol Tangerang-Merak. Kemudian sejak H-3 hingga H+2 tersedia bengkel siaga dan pada H-7 hingga H+7 tersedia pos kesehatan serta tersedia juga penjualan tiket ASDP Merak di rest area KM 43 dan KM 68 arah Merak. 

Diprediksikan puncak arus mudik tahun ini pada H-5 sampai dengan H-3 dan puncak arus balik H+1 sampai dengan H+3. Volume lalu lintas arus mudik tahun ini juga diperkirakan meningkat sebesar 5,5 persen dari tahun lalu. 

Bagi pengguna jalan tol Tangerang-Merak yang memerlukan informasi dan bantuan atau mengalami hambatan sepanjang ruas tol Tangerang-Merak, dapat menghubungi call center MMS di (0254) 20-78-78 atau 0-800-1-77-78-79. Pengguna jalan juga dapat mengakses informasi tol Tangerang-Merak melalui website www.margamandala.co.id dan akun media sosial Twitter @tol_mms. (p/ab)